Minggu, 18 September 2016

SAMPAH MENJADI PENYAKIT BAGI MASYARAKAT



Sewaktu melewati di Kelurahan Makasar Timur Kota Ternate. Hidung saya terganggu dengan bau yang tak  sedap yang berasal dari samping rumah warga. Ada apa gerangan ? Ternyata bau sampah yang bertumpuk di sekitar rumah warga. 

Manusia sakit karena kelalaian merawat dan menjaga pola hidup yang bersih dan sehat juga faktor lingkungan yang tidak sehat. Sampah sangat berbahaya bagi kesehaatan manusia dan lingkungan sekitar oleh karena itu sampah harus diolah dengan baik agar tidak mencemari lingkungan dan kesehatan manusia.

Botol plastik sampah yang sudah terurai disebabkan karena kurangnya kesadaran warga setempat. Padahal masalah sampah adalah masalah kita semua bukan tunggu datangnya hujan yang akan membersihkan sampah terbawah ke laut lepas. Sampah  yang selama ini kita buang begitu saja, ternyata masih dapat diolah kembali antara lain dibentuk kerajinan yang bernilai ekonomis. 
Janganlah membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya. Menjaga kebersihan ini dapat dimulai dengan mengangkat sampah yang ada di sekitar kita dan membuangnya ke tempat sampah yang tersedia.

Kita sebagai generasi muda, harus menyadari bahwa sampah itu merupakan ancaman yang sangat besar untuk masa depan Kota Ternate yang kita cintai ini. Untuk itu, sebagai generasi muda kita harus menumbuhkan kreasi-kreasi baru dalam memanfaatkan sampah. Mari kita ciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah dari sekarang dan juga untuk masa depan.
(Tiwong Peo)

1 komentar:

  1. benar bahwa Ternate mengalami krisis sampah yg begitu hebat,
    perlu ada penanggulangan dari pemerintah kota yang lebih serius lagi.
    saya pikir harus ada proses daur ulang samapah karena kalu tidak Ternate akan dikenal sebagai kota sampah dan tidak akan lagi dikenal sebagai kota bahari

    BalasHapus