Minggu, 18 September 2016

Pelatihan Jurnalistik Berperskpektif Damai





Untuk menjadi seorang jurnalis, kita tentu harus memahami terlebih dahulu apa itu jurnalistik dan  apa saja yang di kerjakan oleh para jurnalis. Bekerja di bidang jurnalistik adalah sesuatu yang sangat baik bagi sebagian orang. Jurnalis adalah orang-orang yang memiliki pekerjaan yang mulia. Kenapa? Karena mereka bekerja untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui jalur mencari dan menyebarkan informasi. Namun pada kenyaatannya, pekerjaan  ini tidaklah mudah. Dalam melakukan pekerjaannya,  jurnalis yang umumnya disebut wartawan, harus berani menghadapi resiko yang cukup besar, misalnya jika ditugaskan untuk meliput wilayah yang sedang dilanda bencana atau perang, dalam situasi yang demikian dapat dikatakan nyawa seorang wartawan jadi taruhannya, tapi di sisi lain kualitas dari informasi yang akan dibagikan menjadi target yang sangat penting untuk dicapai, sehingga kondisi seperti ini menjadi peluang sekaligus ancaman bagi jurnalis itu sendiri.
Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Ternate bekerjasama dengan komunitas menulis Perkici Kie Raha dan pemuda GMIH Eben Haezer Ternate melaksanakan Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Berperspektif Damai. Adapun kegitan ini diikuti oleh kader GMKI cabang Ternate dan Utusan pemuda Denominasi Gereja Sekota Ternate. Kegiatan ini dilaksanakan di GMIH Eben Haezer Ternate (16 September 2016).  Kegiatan  ini mengajarkan dan membuat kita kenal dengan pekerjaan sebagai seorang jurnalis, asalan mengapa kita harus menulis, kendala menulis dan teknik menulis berita. Kegiatan ini juga melatih kita untuk belajar bagaimana membuat sesuatu yang benar-benar menjadi kebutuhan banyak orang. Ada banyak keuntungan bagi kita dalam megikuti kegiatan ini. Karena  kegiatan ini pun mengajarkan kita tentang hal – hal yang menjadi kebutuhan  publik. Setelah kami di berikan arahan diarahkan oleh pengurus perkici kieraha, Inggrith Pusung kami juga di arahkan langsung belajar menulis berita dan langsung diarahkan ke lingkungan, mencari masalah-masalah sosial untuk di buat tulisan dan dipresentasikan.
Pentingnya bagi kita sebagai kaum muda untuk terus kembangkan kemampuan kita dalam hal menulis. Lewat kegiatan seperti inilah kitadapat mengembangkan kemampuan kita. Dalam kesempatan ini juga para peserta yang sangat antusias ini melanjutkan RTL  yaitu  setiap hari peserta yang mengikuti pelatihan ini wajib menulis  yang selanjutnya akan di muat pada blog Perkici Kie Raha (http//:perkicikieraha.blogspot.com) dan juga menulis di buletin Suara Kita yang terbit setiap minggu itu.

(Romiandra Arnyanyi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar