Minggu, 18 September 2016

Pengaruh media sosial (Medsos) dalam kehidupan remaja




Dalam berkehidupan social kita tidak terlepas dari yang namanya interaksi atau hubungan timbal-balik antara sesama individu baik secara langsung (face to face) atau melalui media baik media social maupun media masa pada saat ini.

Dengan adanya globalisasi pada saat ini semarak berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Menuntut setiap orang untuk senantiasa mengembangkan kreatifitasnya diberbagai sector kehidupan. Salah satu yang berkembang dengan pesat adalah media baik media social maupun media masa.

Dengan adanya media kita bisa mendapatkan informasi yang baru dan banyak baik itu dari dalam maupun luar negeri walau hanya beberapa menit, kemudian kita dengan sangat muda untuk saling berkomunikasi dengan orang lain walaupun dalam jarak yang begitu jauh. Namun dalam hal ini terdapat kesalahan kesalahan yang sangat fatal yang bisa berdampak buruk bagi para remaja dalam mengunakan media ini bisa kehilangan identitasnya yang sebenarnya dan sangat berpengaruhpada generasi selanjutnya.

Kemudian dalam hal ini sangat berdampak buruk dan sangat merugikan bagi para remaja dalam mengunakan media terlebih khususnya media social yang berupa facebook,geogle, dll,,pada masa remaja adalah masa dimana seseorang ingin mencari tau hal-hal yang belum diketahuinya sehinga dengan adanya media social (medsos) hal-hal buruk pun bisa menjadi prioritas utama bagi para remaja. Misalnaya mengambil gambar,video porno, mengunakan obat obat terlarang sehinga hal ini bisa terjerumus kedalam jurang yang dangkal sehingga hal ini menjadi virus yang menjalar kepada orang lain terutama para generasi kita sekarang ini.

Hal ini seharunya orang tua selaku pembimbing lebih melihat atau menekankan kepada anaknya dalam mengunakan media sehinga watak dan mental remaja dapat terbentuk dari orang tua yang peduli terhadap anaknya. Ada ada pengakuan dari beberapa remaja bahwa ia sangat sulit untuk melepaskan hal-hal yang walaupun hal itu membuatnya menderita namun sangat menyenagkan bagi dirinya, hal ini karna diberikan kebebasan kepada remaja yang terlalu berlebihan sehinga sangat sulit untuk merubah pola pikir remaja tersebut, maka orang tua harus bisa mengawasi anaknya dalam berbagai sector kehidupan termaksut dalam pengunaan media agar karakter dan watak remajapun dapat bertumbuh dan dapat berpikir secara positif sebagai generasi penerus bangsa yang baik.

(Azaria Tuka)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar